Resume Computing Curricula 2005,Association of Computing Machinery (ACM) IS 2010,KKNI APTIKOM 2015
Computing
Curricula 2005 (CC2005)
Computing Curricula 2005 (CC2005)
merupakan perluasan dari komputasi. Computing curricula direkomendasikan oleh tiga
asosiasi internasional yakni:
1. The Association for Computing Machinery (ACM)
2. The Association for Information Systems (AIS)
3. The Computer Society (IEEE-CS)
Dalam
Computing Curriculum Framework terdapat 3 domain yang isinya sebagai berikut:
Domain pertama berisi kumpulan pengetahuan untuk membangun
18 ilmu dasar di bidang informatika dan computer.
Domain kedua berisi kumpulan pengetahuan yang sesuai bidang
studi yang diminati masing-masing dengan bobot yang berbeda-beda.
Domain ketiga berisi kumpulan hal yang berkaitan dengan
aspek kognitif,afektif,dan psikomotorik yang berfungsi sebagai referensi
komponen yang adaptif.
Computing Curriculum mencakup :
1. Perancangan dan pembuatan hardware dan software
2. Kajian-kajian ilmiah memanfaatkan computer
3. Rekayasa sistem komputer agar dapat melakukan hal-hal
cerdas
4. Penciptaan dan
pemanfaatan media komunikasi dan hiburan
5. Pencarian dan
pengumpulan informasi untuk keperluan tertentu
Association of
Computing Machinery (ACM) IS 2010
Association of Computing Machinery (ACM) adalah organisasi yang
dibentuk pada tahun 1947. ACM berkaitan dengan pengembangan pengetahuan tentang
aspek komputasi. ACM merekomendasikan kurikulum untuk IS pada tahun 1972.
Pada tahun 2005, kurikulum pada kelima jurusan berkembang mengikuti
kebutuhan ilmu pengetahuan yang dikembangkan dalam Curricula Recomendation ACM.
kelima jurusan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Computer Engineering : CE2004 dan CE2016
2. Computer Science : CS2008 dan CS2013
3. Information System: IS2002 dan IS2010
4. Information Technology: IT2008
5. Software Engineering: SE2004 dan SE2014
Computer Engineering (CE):
Computer Engineering (CE) atau Teknik computer adalah cabang teknik yang mengintegrasikan beberapa bidang ilmu komputer dan teknik
elektronik yang dibutuhkan untuk mengembangkan perangkat keras dan perangkat
lunak komputer.
Computer science (CS):
Computer science (CS) atau Ilmu komputer adalah program studi tentang proses algoritmik dan mesin komputasi. Ilmu komputer mencakup topik dari studi teoritis algoritma, komputasi dan informasi hingga masalah
praktis penerapan sistem komputasi dalam perangkat keras dan perangkat lunak.
Information Systems (IS):
Information Systems (IS) atau Sistem Informasi adalah sistem organisasi formal, sosioteknik, yang dirancang untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi.
Information Technology (IT):
Information Technology (IT) atau Teknologi Informasi adalah
penggunaan komputer untuk menyimpan, mengambil, mengirimkan, dan memanipulasi
data atau informasi.
Software Engineering (SE):
Software Engineering(SE) atau Rekayasa Perangkat Lunak(RPL) adalah
satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak,
termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat
lunak dan manajemen kualitas.
KKNI
APTIKOM 2015
Kerangka Kualifikasi Nasional
Indonesia (KKNI) adalah kerangka pendidikan kualifikasi SDM Indonesia yang
ada dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan sektor pekerjaan.
KKNI menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) ke dalam jenjang
kualifikasi.
Kualifikasi cukup penting karena
bisa dipergunakan sebagai bahan masukan penyusunan kurikulum program pendidikan
sesuai kompetensi bidang Pendidikan, pelatihan kerja dan pengalaman kerja menjadi
dasar kompetensi dalam bidang industri.
Setiap jenjang pada KKNI memiliki
deskriptor masing-masing. Deskriptor disesuaikan dengan mempertimbangkan kondisi
negara, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Deskriptor pada KKNI
dibagi menjadi dua bagian yaitu deskripsi umum dan deskripsi spesifik:
Deskripsi umum mendeskripsikan karakter,
kepribadiaan, sikap dalam berkarya, etika, moral dari setiap manusia dan
berlaku pada setiap jenjang.
Deskripsi spesifik mendeskripsikan:
Ilmu Pengetahuan (Science): suatu
basis untuk membangun pengetahuan (knowledge) melalui hasil penelitian dalam
suatu bidang pengetahuan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman manusia
terhadap gejala alam dan sosial.
Pengetahuan (Knowledge):
penguasaan teori dan keterampilan seseorang pada suatu bidang keahlian tertentu
atau pemahaman tentang fakta dan informatif yang diperoleh seseorang melalui
pengalaman untuk keperluan tertentu.
Pengetahuan Praktis (Know-how):
penguasaan teori dan keterampilan seseorang pada suatu bidang keahlian tertentu
atau pemahaman tentang metodologi dan keterampilan teknis yang diperoleh
seseorang melalui pengalaman untuk keperluan tertentu.
Mohon maaf apabila terdapat kekurangan ataupun kesalahan
kata.
Sekian dari saya,Rafael Fillah.
Terimakasih.
Referensi:
https://en.wikipedia.org/wiki/Computer_engineering
https://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi
https://razzas449437341.wordpress.com/2019/10/02/resume-cc2005acm-is_2010-dan-kkni-aptikom-2015/
https://amalinatrisetya16.wordpress.com/2018/11/03/rangkuman-computing-curricula-2005/
http://aptikom.or.id/web/wp-content/uploads/2019/05/KKNI-Aptikom-v0.2-20151020.pdf



Komentar
Posting Komentar