Resume Computing Curricula 2005,Association of Computing Machinery (ACM) IS 2010,KKNI APTIKOM 2015

 

Computing Curricula 2005 (CC2005)

Computing Curricula 2005 (CC2005) merupakan perluasan dari komputasi. Computing curricula direkomendasikan oleh tiga asosiasi internasional yakni:

1. The Association for Computing Machinery (ACM)

2. The Association for Information Systems (AIS)

3. The Computer Society (IEEE-CS)

              Dalam Computing Curriculum Framework terdapat 3 domain yang isinya sebagai berikut:

Domain pertama berisi kumpulan pengetahuan untuk membangun 18 ilmu dasar di bidang informatika dan computer.

Domain kedua berisi kumpulan pengetahuan yang sesuai bidang studi yang diminati masing-masing dengan bobot yang berbeda-beda.

Domain ketiga berisi kumpulan hal yang berkaitan dengan aspek kognitif,afektif,dan psikomotorik yang berfungsi sebagai referensi komponen yang adaptif.

Computing Curriculum mencakup :

1. Perancangan dan pembuatan hardware dan software

2. Kajian-kajian ilmiah memanfaatkan computer

3. Rekayasa sistem komputer agar dapat melakukan hal-hal cerdas

4.  Penciptaan dan pemanfaatan media komunikasi dan hiburan

5.  Pencarian dan pengumpulan informasi untuk keperluan tertentu

 

 

Association of Computing Machinery (ACM) IS 2010



Association of Computing Machinery (ACM) adalah organisasi yang dibentuk pada tahun 1947. ACM berkaitan dengan pengembangan pengetahuan tentang aspek komputasi. ACM merekomendasikan kurikulum untuk IS pada tahun 1972.

Pada tahun 2005, kurikulum pada kelima jurusan berkembang mengikuti kebutuhan ilmu pengetahuan yang dikembangkan dalam Curricula Recomendation ACM. kelima jurusan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Computer Engineering : CE2004 dan CE2016
2. Computer Science : CS2008 dan CS2013
3. Information System: IS2002 dan IS2010
4. Information Technology: IT2008
5. Software Engineering: SE2004 dan SE2014

Computer Engineering (CE):

Computer Engineering (CE) atau Teknik computer adalah cabang teknik yang mengintegrasikan beberapa bidang ilmu komputer dan teknik elektronik yang dibutuhkan untuk mengembangkan perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

Computer science (CS):

Computer science (CS) atau Ilmu komputer adalah program studi tentang proses algoritmik dan mesin komputasi. Ilmu komputer mencakup topik dari studi teoritis algoritma, komputasi dan informasi hingga masalah praktis penerapan sistem komputasi dalam perangkat keras dan perangkat lunak.

Information Systems (IS):

              Information Systems (IS) atau Sistem Informasi adalah sistem organisasi formal, sosioteknik, yang dirancang untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan mendistribusikan informasi.

Information Technology (IT):

Information Technology (IT) atau Teknologi Informasi adalah penggunaan komputer untuk menyimpan, mengambil, mengirimkan, dan memanipulasi data  atau informasi.

Software Engineering (SE):

Software Engineering(SE) atau Rekayasa Perangkat Lunak(RPL) adalah satu bidang profesi yang mendalami cara-cara pengembangan perangkat lunak, termasuk pembuatan, pemeliharaan, manajemen organisasi pengembangan perangkat lunak dan manajemen kualitas.

 

 

KKNI APTIKOM 2015

Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) adalah kerangka pendidikan kualifikasi SDM Indonesia yang ada dalam suatu skema pengakuan kemampuan kerja yang disesuaikan dengan sektor pekerjaan. KKNI menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) ke dalam jenjang kualifikasi.

Kualifikasi cukup penting karena bisa dipergunakan sebagai bahan masukan penyusunan kurikulum program pendidikan sesuai kompetensi bidang Pendidikan, pelatihan kerja dan pengalaman kerja menjadi dasar kompetensi dalam bidang industri.

Setiap jenjang pada KKNI memiliki deskriptor masing-masing. Deskriptor disesuaikan dengan mempertimbangkan kondisi negara, perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Deskriptor pada KKNI dibagi menjadi dua bagian yaitu deskripsi umum dan deskripsi spesifik:

 Deskripsi umum mendeskripsikan karakter, kepribadiaan, sikap dalam berkarya, etika, moral dari setiap manusia dan berlaku pada setiap jenjang.

Deskripsi spesifik mendeskripsikan:

Ilmu Pengetahuan (Science): suatu basis untuk membangun pengetahuan (knowledge) melalui hasil penelitian dalam suatu bidang pengetahuan yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman manusia terhadap gejala alam dan sosial.

Pengetahuan (Knowledge): penguasaan teori dan keterampilan seseorang pada suatu bidang keahlian tertentu atau pemahaman tentang fakta dan informatif yang diperoleh seseorang melalui pengalaman untuk keperluan tertentu.

Pengetahuan Praktis (Know-how): penguasaan teori dan keterampilan seseorang pada suatu bidang keahlian tertentu atau pemahaman tentang metodologi dan keterampilan teknis yang diperoleh seseorang melalui pengalaman untuk keperluan tertentu.


Mohon maaf apabila terdapat kekurangan ataupun kesalahan kata.

Sekian dari saya,Rafael Fillah.

Terimakasih.


Referensi:

Komentar

Postingan Populer